Hal Yang Wajib Diketahui Anak TKJ

Pengertian Server

Server adalah sebuah komputer yang menyediakan layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung oleh proccessor yang mempunyai kinerja yang kuat dan RAM yang besar, server juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus untuk server, atau yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya, berikut jenis server:

Server Aplikasi

Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

Server Data

Server ini digunakan untuk menyimpan berbagai data, data yang belum diolah maupun yang sudah diolah menjadi informasi. Data ini dapat diakses oleh client dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada di server.

Server Proxy
Sedangkan server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas pada jaringan melalui pengaturan proxy. Kebanyakan orang awam lebih mengenal server proxy untuk mengoneksikan komputer client ke internet.

 Pengertian SSH (Secure Shell)

          SSH adalah aplikasi remot login yang lebih aman  dibanding telnet, rsh, dan rlogin. Fungsi utama SSH adalah untuk meremote komputer lain melalui ip. SSH berbeda dengan telnet, karena di SSH menyediakan koneksi enkripsi antara client dengan mesin. 

Fail2ban

Fail2Ban adalah aplikasi yang akan mendeteksi percobaan login secara berulang-ulang ke server, Fail2Ban akan membuat rule firewall sementara untuk memblokir alamat IP si penyerang server. Fail2Ban dapat memonitor bermacam protokol, seperti SSH, HTTP dan SMTP. Tetapi secara default, Fail2Ban hanya memonitor SSH saja.

Firewall

Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diterapkan dalam sebuah mesin, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.

Fungsi firewall

·         mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir pada jaringan. Firewall harus dapat mengatur, memfilter, dan mengontrol lalu lintas data yang dizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall. Berberapa yang difilter oleh firewall antara lain:

1.   Alamat IP dari komputer sumber.

2.   Port TCP/UDP sumber dari sumber.

3.   Alamat IP dari komputer tujuan.

4.   Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan

5.   Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

·         Melakukan autentifikasi terhadap akses.

·         Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall.


 Manfaat firewall

1.   Mengatur lalu lintas/trafik data antar jaringan.

2.   Dapat mengatur port atau paket data yang diperbolehkan atau ditolak.

3.   Autentifikasi terhadap akses

4.   Memonitoring atau mencatat lalu lintas jaringan



Beberapa karakteristik firewall

1.   Firewall harus lebih kuat dan kebal terhadap serangan luar

2.   Hanya aktivitas atau kegiatan yang dikenali saja yang dapat melewati atau melakukan hubungan.

3.   Semua aktivitas atau kegiatan ari dalam keluar harus melewati firewall.

Comments

Popular Posts