Cara Dual Boot Windows 8.1 dengan Ubuntu 14.04

Step 1: Siapkan Bootable ubuntu

Kamu bisa menggunakan media instalasinya berupa CD/DVD ataupun Flashdisk atau bahkan hardisk eksternal. Itu semua terserah kamu. Kamu bisa baca salah satu artikel saya mengenai bootable linux di USB pada link di bawah ini.

Step 2: Meberikan ruang kosong pada hardisk

Kamu harus menyediakan space kosong pada hardisk kamu. Tujuannya, space kosong tersebutlah yang nantinya akan digunakan untuk menginstall Linux Ubuntu. Kamu bisa lakukan shrink volume pada partisi kamu melalui salah satu tools di windows, yaitu Disk Management. Saya juga sudah pernah menulis langkah-langkahnya pada, silahkan cek link di bawah ini.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Step 3: Install Ubuntu dual boot dengan Windows

Masukan bootable yang sudah kamu buat ke komputer. Seperti biasanya, atur opsi booting pada BIOS. Nah, setelah booting pastinya kamu akan disuguhkan dua pilihan, Try Ubuntu dan Install. Pilih Install, dan selanjutnya ikuti prosedur lainnya seperti pemilihan bahasa.


Pada bagian Instalation Type, pilih Something else. Dengan memilih opsi tersebut kita akan mengatur partisinya secara manual.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Kemudian kita akan masuk ke bagian partisi. Disinilah tahap penting saat instalasi dual boot ini.

Ingat, sebelumnya kita sudah buat partisi kosong di windows. Nah, saya akan mebuat space kosong tersebut menjadi 2 partisi saja, yaitu root dan swap. Namun jika Anda ingin membuat jadi tiga partisi, seperti menambah home directory, yaa silahkan saja. Pertama klik dulu bagian partisi yang kosong tersebut, kemudian klik tombol add "+". Jika kurang jelas lihat gambar di bawah ini.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Pertama saya buat Swap area dulu, saya beri kapasitas sebesar 4096 MB. Jangan lupa pada bagian Use as, pilih opsi Swap area. Kemudian klik OK.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Setelah itu masih ada space kosong sisa. Caranya sama seperti yang pertama tadi, klik bagian space kosong tersebut, kemudian klik tombol add "+". Partisi yang ini akan saya buat untuk root "/". Saya beri kapasitas sebesar sisa tadi (5506 MB), Use as EXT4 dan mount point "/". Setelah itu klik OK. Jika kurang jelas, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Jika sudah, pada tabel partisi akan terlihat dua partisi yang baru saja kita buat tadi, yaitu swap dan root. Pada bagian device for bootloader installation biarkan default saja, jangan diubah-ubah jika kamu tidak mengerti. Kemduian klik Install Now.


Cara Dual Boot Ubuntu 14.04 LTS dan Windows 8.1

Setelah bagian partisi ini, proses installasi akan berjalan seperti biasanya. Tidak ada berbeda seperti kita menginstall Ubuntu biasanya.

Jika sudah selesai diinstall, biasanya kamu akan diminta me-restart komputer. Setelah booting selanjutnya, akan ada tampilan bootloader, dimana pada bagian ini akan terdapat pilihan sistem operasi apa yang akan kamu gunakan, Ubuntu atau Windows 8.1. Untuk memilih menggunakan Ubuntu, biasanya opsi tersebut berada pada urutan teratas, sedangkan windows ada di akhir.

Comments

Popular Posts