Belajar HTML

HTML (Hypert Text Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan halaman web. Dalam penggunaannya sebagian besar kode HTML tersebut harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan dan diakhiri dengan (terdapat tanda "/").
 
Sebuah halaman web minimal mempunyai empat buat tag, yaitu :
   1. Sebagai tanda awal dokumen HTML

   2. Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.

   3. Sebagai titel atau judul halaman. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser (pada title bar).

Berikut contoh dokumen HTML sederhana:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>title dari halaman</TITLE>
</HEAD>
<BODY>

 isi dari halaman html

</BODY>
</HTML>

PENGATURAN TEKS

Untuk mendapatkan halaman web yang baik kita harus melakukan pengaturan terhadap teks seperti memilih jenis dan ukuran huruf, perataan dan lain - lain. Tag - tag di bawah ini yang biasa digunakan dalam pengaturan teks :

HEADERS

Tag digunakan untuk mengatur ukuran huruf pada header.Header mempunyai besaran dengan nilai antara 1 - 6 yang dituliskan dengan tag COntoh Text dengan nilai n adalah angka 1 - 6

contoh <H4>Tutorial Html</4>

Kode di atas akan menampilkan hasil teks seperti berikut :
Tutorial Html

PARAGRAPH BARU

Tag ini digunakan untuk pindah alinea atau paragraf. Tag ini diawali dengan kode sebagai pembuka terhadap paragraph baru dan diakhiri dengan

LINE BREAK

Tag ini digunakan untuk pindah ke baris yang baru. Tag ini dituliskan dengan kode <BR>

FONT

Tag ini dituliskan dengan kode yang digunakan untuk mendefinisikan berbagai attribut FONT, yaitu : SIZE, FACE, COLOR. Uraian dari beberapa atribut tersebut adalah sebagai berikut :

   1. SIZE -> Ukuran font yang digunakan, berkisar antara 1 - 7 dengan 1 merupakan ukuran terkecil dan 7 merupakan ukuran terbesar.

   2. FACE -> Kita bisa memilih maksimal 3 jenis font yang masing-masing dipisahkan oleh koma. Bila terdapat spasi yang terletak pada nama font maka harus digunakan tanda garis bawah ( _ ). Dalam memilih jenis font ini harus dipertimbangkan apakah font yang kita gunakan pada halaman web kita nantinya juga terdapat pada komputer pengguna yang lain (pengakses web kita). Pendeknya kita tidak usah menggunakan font-font yang bentuknya unik,kita gunakan saja font standar, akan tetapi penggunaan font standar akan merubah tampilan website kita pada setiap komputer user yang menggunakan standar font yang berbeda - beda.

   3. COLOR -> Warna font, didefinisikan dengan menggunakan nilai RGB/HEX atau bisa juga langsung menggunakan nama warna (red misalnya)

   4. Base Font -> Digunakan untuk mendefinisikan "default text". Attribut sama dengan attribut FONT. Tag FONT akan mengoverwrite setting pada BASEFONT

Contoh penggunaan atribut fotn di atas adalah sebagai berikut :

<FONT FACE='arial' SIZE='3' COLOR='red'>Contoh Atribut Font</FONT>

hasilnya adalah sebagai berikut :

Contoh Atribut Font

 

LISTS

Di dalam pemrograman dengan HTML, terdapat tiga tipe list yang dapat digunakan, yaitu :

UNORDERED LISTS

List ini digunakan untuk membuat daftar item dengan tanda bullet. List entries didefinisikan dengan tag <UL> dan di tutup dengan</UL>

seperti pada contoh berikut :

    <UL>

    <LI>list pertama</LI>

    <LI>list kedua</LI>

    </UL>

perintah diatas akan menghasilkan tampilan sebaga berikut :

    * list pertama

    * list kedua

ORDERED LIST

List ini digunakan untuk membuat daftar item dengan tanda berupa angka. List entries didefinisikan dengan tag  <OL> dan di tutup dengan</OL>

seperti pada contoh berikut :

   <OL>

   <LI>item pertama</LI>

   <LI>item kedua</LI>

   </OL>

perintah di atas akan mengahasilkan tampilan sebagai berikut :

   1. item pertama

   2. item kedua

Comments

Popular Posts